Lele Sangkuriang, lele jenis baru ini berhasil merebut perhatian masyarakat, pasalnya lele jenis baru ini memiliki berbagai keunggulan dibanding dengan lele dumbo biasa, diantaranya: masa panen lebih cepat, lebih tahan penyakit, teknik pemeliharaan sederhana, kualitas daging lele sangkuriang lebih padat, kering, tidak bau amis, dan tentu saja lebih gurih, apalagi dikelola secara organik menyebabkan lele sangkuriang organik ini kini kian diburu oleh penikmat makanan lele.

PANDUAN BUDI DAYA LELE SANGKURIANG BERBASIS ORGANIK (LELE SANGKURIANG ORGANIK)

Tidak mudah untuk menerapkan budi daya lele sangkuriang berbasis organik. Rentannya budi daya lele terhadap penyakit memaksa para peternak lele untuk menggunakan obat-obatan kimia guna penanggulangannya. Kini hal itu bisa ditanggulangi oleh ramuan herbal yang berhasil ditemukan oleh sang pendekar lele sangkuriang (Letnan Kolam) “Letkol” Nasrudin.

Praktek budi daya lele sangkuriang berbasis organik ini telah lama dipraktekan oleh Nasrudin dan Yadi beserta para petani binaannya dan terbukti ampuh di lapangan. Metode pemeliharaannya sangat sederhana, sehingga bisa dilakukan oleh orang yang baru belajar sekalipun.

 Metode yang dikembangkan oleh nasrudin ini terkadang berlawanan dengan teori yang biasa diajarkan di bangku kampus pada umumnya. Akan tetapi metode yang telah berhasil dikembangkan ini, kini menjadi rujukan bagi peternak-peternak bukan hanya di Indonesia melainkan di mancanagara. Metode budidaya lele sangkuriang berbasis organik ini kini disebarluaskan oleh Nasrudin, Yadi Supriatna, dan Erie Sudewo ke seluruh Indonesia. Ketiga orang ini sangat konsen untuk menjadikan lele sangkuriang ini sebagai alat untuk mensejahterkan peternak di Indonesia.

Adapun keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh dengan beternak lele sangkuriang berbasis organik ini, diantaranya:

1.    Lebih aman bagi kesehatan manusia
Dengan tidak menggunakan bahan-bahan kimia tentu saja menjadi relatif aman terhadap kesehatan tubuh manusia. Karena kita bisa memperoleh kandungan gizi yang maksimal dari lele sangkuriang bukan mengkonsumsi zat-zat kimia yang justru akan mengganggu kesehatan tubuh.

2.    Lebih Hemat Biaya
Tentu saja budi daya lele sangkuriang secara organik lebih hemat biaya dibanding dengan menggunakan obat-obatan kimia. Kita tak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli obat-obatan kimia, melainkan bisa menggunakan bahan-bahan organik yang ada di sekitar kita. Bahkan ramuan herbal organik yang berhasil ditemukan ini kini dibagikan secara gratis bagi siapa saja yang hendak membudidayakan lele sangkuriang berbasis organik.

3.    Kualitas daging yang lebih unggul
Sudah terbukti di lapangan bahwa dengan budi daya lele sangkuriang organik ini menghasilkan kualitas daging dengan tekstur yang lebih padat, sedikit kandungan lemak, dengan rasa yang lebih renyah dan gurih.

4.    Bisa bersaing di Era Perdaganagan Bebas
Memasuki era perdagangan bebas, produk pertanian  dan perikanan organik memiliki daya saing tinggi. Pasalnya beberapa negara pengimpor produk pertanian maupun perikanan memiliki standard yang ketat dalam hal kandungan kimia yang terkandung di dalamnya. Tentu saja dengan budi daya secara organik ini lele sangkuriang sangat optimis untuk bisa menembus pasar dunia.

Bagi siapa saja yang hendak mengetahui lebih dalam lagi budi daya lele sangkuriang berbasis organik ini bisa menghubungi ke 085720094000 atau 081322999211